Apa Bahaya Terlalu Banyak Minum Air Putih?

Terlalu banyak minum air membuat risiko keracunan atau gangguan fungsi otak semakin tinggi. Sel-sel otak akan membengkak dan menyebabkan tekanan di dalam otak. Gejalanya meliputi kebingungan, kantuk, dan sakit kepala. Jika tekanannya meningkat, seseorang berisiko terkena hipertensi atau penurunan detak jantung.

See also  Jenis Biji Kopi Ada Apa Aja?

Berapa batas maksimal minum air putih?

Kebutuhan cairan tiap orang berbeda-beda. Pada orang dewasa, konsumsi air putih yang disarankan yaitu sekitar delapan gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter. Selain dari minuman, makanan juga dapat memberikan asupan cairan pada tubuh yaitu sekitar 20%.

Apakah bagus minum air putih berlebihan?

Terlalu banyak minum air membuat risiko keracunan atau gangguan fungsi otak semakin tinggi. Sel-sel otak akan membengkak dan menyebabkan tekanan di dalam otak. Gejalanya meliputi kebingungan, kantuk, dan sakit kepala.

See also  Apakah Es Memperburuk Flu?

Apakah minum air putih banyak dapat merusak ginjal?

Minum air terlalu banyak juga akan berdampak buruk pada penderita gagal ginjal. Ini karena penderita tidak mampu mengeluarkan cairan lewat urine secara normal akibat rusaknya fungsi ginjal. Kondisi tersebut kemudian membuat tubuh penderita mengalami penumpukan cairan.

Bagaimana cara minum air putih yang benar?

Jadwal minum air putih yang baik

  1. Minum satu atau dua gelas di pagi hari setelah bangun tidur.
  2. Minum satu gelas setengah jam sebelum makan.
  3. Minum satu gelas ketika merasa lelah.
  4. Minum lebih banyak sebelum dan setelah berolahraga.
  5. Minum air sebelum tidur.
    1. Minum lebih banyak ketika sakit.
See also  Kapan Efek Kafein Bekerja?

Related Posts