Apa Bedanya Kopi Robusta Dan Kopi Arabika?

Beda kopi Arabika dan Robusta

Melansir The Kitchn, 12 Maret 2021, biji kopi Arabika cenderung menghasilkan kopi yang memiliki cita rasa lembut, segar, dengan sensasi buah atau biasa disebut fruity. Sementara itu, biji kopi Robusta akan menghasilkan kopi dengan cita rasa yang lebih pekat dan kuat.

See also  Apa Itu Under Extraction Dalam Kopi?

Apa keunggulan kopi arabika dan robusta?

Robusta memiliki kadar kafein lebih tinggi dibandingkan Arabika. Kadar gula pada kopi Arabika jauh lebih rendah dibandingkan kopi Arabika. Robusta memiliki acidity lebih rendah dibandingkan Arabika. Kopi Robusta harganya jauh lebih murah dibandingkan kopi Arabika, dikarenakan merawat tanaman kopi ini cukup mudah.

Apa yang dimaksud dengan kopi robusta?

Mengenal Kopi Robusta

See also  Apakah Kopi Manis Termasuk Homogen?

Robusta berasal dari kata ‘robust’ yang artinya kuat, dengan kata lain memiliki tingkat kekentalan yang kuat. Adapun suhu terbaik untuk membudidayakan kopi robusta adalah sekitar 24-30ĚŠ C dengan curah hujan 2.000-3.000 mm per tahun.

Kenapa kopi arabika lebih mahal dari robusta?

Kopi Arabika harganya lebih mahal dibandingkan kopi Robusta, dikarenakan lebih sulit merawat tanaman kopi ini hingga waktu panen. Biji kopi Arabika bentuknya oval dan ukurannya sedikit lebih besar dibandingkan biji kopi Robusta.

See also  Apakah Kopi Bisa Membuat Badan Menjadi Kurus?

Enak arabika apa robusta?

Related Posts