Apa Yang Dilarang Saat Haid Menurut Islam?

Larangan saat haid pertama menurut Islam adalah tidak boleh melaksanakan salat saat sedang menstruasi. “Apabila haid datang, tinggalkanlah salat,” (HR Bukhari dan Muslim). Suatu hari, datanglah seorang wanita dan bertanya kepada Aisyah, “Apakah salah seorang dari kami harus mengqadha salat bila telah suci dari haid?”

See also  Apakah Kopi Aman Untuk Perempuan?

Apakah benar wanita haid tidak boleh keramas Menurut Islam?

Keramas saat haid menurut Islam tidak dilarang, sebab tidak ada dalil yang jelas menyebutkan larangan tersebut selama wanita muslimah mengalami siklus bulanan itu.

Apakah haid bisa menghapus dosa?

“Tidak ada perempuan yang haid, kecuali haidnya bisa menghapus dosa masa lalu dari semua dosanya dan jika ia membaca “alhamdulillah ala kulli halin wa astaghfurullaha min kulli dzanbin ” pada hari pertama haid, maka Allah akan menuliskan kepadanya bahwa ia akan melewatkan api neraka dan kemudia dapat berada di jembatan

See also  Apa Yang Dimaksud Dengan Barista?

Apakah boleh memotong kuku pada saat haid?

Ternyata larangan ini ditemukan dalam kitab Ihya’ Ulumiddin. Imam Al-Ghazali berpendapat bahwa wanita haid dilarang memotong kuku dan rambutnya. Sebab kelak di akhirat rambut dan kuku tersebut akan dipanggil dalam keadaan janabah (hadats besar) lalu menuntut dan meminta pertanggung jawaban pada pelakunya.

Apa saja yang diperbolehkan untuk dilakukan oleh wanita yang sedang haid?

Berikut ini adalah beberapa amalan ketika haid yang bisa dilakukan:

  • Berdzikir.
    1. Berdoa.
  • Mendengarkan Alquran.
  • Mendengarkan Tausiyah dan Menuntut Ilmu.
  • Bersedekah.
    1. Bersilaturahmi.
    1. Menghadiri Pelaksanaan Shalat Hari Raya.
  • Melayani Keperluan Suami.
See also  Berapa Takaran Kopi 1 Gelas?

*

Related Posts