Apakah Biji Kopi Mengandung Kafein?

Kafein berfungsi sebagai unsur citarasa dan aroma di dalam biji kopi (Ciptadi dan Nasution, 1985). Kandungan kafein biji mentah kopi arabika lebih rendah dibandingkan biji mentah kopi robusta, kandungan kafein kopi robusta sekitar 2,2 % dan Arabika sekitar 1,2 % (Spinale dan James, 1990).

See also  Anak Batuk Harus Minum Apa?

Apakah kopi sachet mengandung kafein?

Kopi instan bisa menjadi pilihan yang baik bagi seseorang yang ingin mengurangi asupan kafein. Satu sendok teh kopi instan mengandung 30 hingga 90 mg kafein, sedangkan kopi biasa mengandung 70 hingga 140 mg kafein.

Apa saja kandungan dalam biji kopi?

Kopi mengandung sejumlah nutrisi bermanfaat, di antaranya riboflavin (vitamin B2), niasin (vitamin B3), magnesium, kalium, dan berbagai senyawa fenolik, atau antioksidan.

See also  Berapa Gram Bubuk Kopi Untuk 1 Gelas?

Kopi apa yang banyak mengandung kafein?

Di nilai dari jenis kopinya, robusta memiliki jumlah kafein paling banyak. Setidaknya hampir lebih besar dua kali lipat jumlahnya dari kafein yang ada pada arabika. Jadi jika tak mau terkena efek besar-besaran kafein, kawan sekalian bolehlah memilih arabika saja.

Berapa persen kafein pada kopi?

Kopi arabika mempunyai kandungan kafein dengan persentase 0,4%-2,4% dari total berat keringnya. Jadi andaikan biji kopi mempunyai berat 5 mg maka kafein yang terkandung didalamnya berkisar antara 0,02 mg sampai 0,12 mg kafein. Kopi robusta mempunyai kandungan kafein dengan persentase 1%-2% dari total berat keringnya.

See also  Makanan Apa Yang Bisa Menghilangkan Batuk?

Related Posts