Bagaimana Potensi Ekspor Kopi Indonesia Di Pasar Internasional?

Nilai ekspor kopi mencapai 1,19 milyar US$. Jumlah tersebut merupakan jumlah biji kopi yang telah di ekspor ke beberapa negara besar di dunia, salah satunya yaitu negara Amerika, Jerman dan negara-negara Eropa. Indonesia menjadi salah satu eksportir kopi terbesar di dunia dan berada pada peringkat keempat.

See also  Hal Apa Saja Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Menstruasi?

Bagaimana Potensi kopi di Indonesia?

Indonesia merupakan negara penghasil biji kopi terbesar keempat di dunia setelah Brasil, Vietnam, dan Kolombia. Pada 2019, produksi biji kopi Indonesia mencapai 729,1 ribu ton dengan nilai ekspor produk kopi olahan USD 610,89 juta.

Ekspor kopi dalam bentuk apa?

Menurut Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia, sebanyak 97 persen produksi kopi Indonesia masih di ekspor dalam bentuk biji kopi hijau yang masih mentah dan hanya 3 persen sisanya yang sudah diekspor dalam bentuk kopi olahan.

See also  Berapa Gaji Barista Part Time Di Starbucks?

Apakah jenis kopi yang diekspor ke luar negeri?

5 Jenis Kopi Lokal Ini Sukses Dikenal dan Diminati Sampai Kancah Internasional

  • Kopi Arabika Toraja.
  • Kopi Arabika Kintamani.
  • Kopi Arabika Flores Bajawa.
  • Kopi Arabika Gayo.
  • Kopi Luwak.

Apakah kopi bisa di ekspor?

Ekspor kopi hanya dapat dilakukan oleh perusahaan yang telah diakui sebagai Eksportir Terdaftar Kopi (ETK) dan Eksportir Kopi Sementara (EKS) oleh Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementrian Perdagangan. 2. Dalam setiap ekspor kopi juga harus dilengkapi dengan Surat Persetujuan Ekspor Kopi (SPEK).

See also  Mengapa Kopi Luwak Lebih Enak?

Related Posts