Kenapa Kopi Luwak Tidak Haram?

Kopi yang keluar dari dubur luwak secara utuh dianggap tidak terkontaminasi kotoran sehingga tidak terkena najis hewan dan masih halal untuk dikonsumsi.

Apakah kopi luwak halal atau haram?

“Kopi luwak hukumnya mutanajis. Artinya, kena najis dinyatakan halal setelah melalui proses pencucian,” kata Ma’ruf Amin. Selain itu, Ma’ruf menambahkan, meminum, memproduksi bahkan memperjualbelikan kopi luak juga diperbolehkan.

See also  1 Renceng Good Day Cappucino Isi Berapa?

Mengapa kopi luwak haram?

Ketua Bidang Fatwa Majlis Ulama Indonesia

Majlis Ulama Indonesia

Majelis Ulama Indonesia (disingkat MUI; bahasa Arab: mjls l`lm lndwnysy Majlis al-‘Ulama’ al-Indunisi) adalah Lembaga Swadaya Masyarakat yang mewadahi para ulama, zuama, dan cendekiawan Islam untuk membimbing, membina, dan mengayomi umat Islam di Indonesia.

https://id.wikipedia.org > wiki > Majelis_

See also  Bolehkah Minum Air Hangat Setiap Pagi?

Majelis Ulama Indonesia – Wikipedia

, Kyai Haji Ma’ruf Amin, mengatakan, pada mulanya biji kopi luwak menjadi haram dikonsumsi karena masih berunsur najis. Keharaman tersebut bukan karena biji kopi tersebut haram dimakan, tetapi ada sebab, yaitu unsur-unsur feses.

Apakah kopi itu halal?

Kopi bersifat halal. Bagaimana dengan kopi luwak yang diperoleh dari kotoran luwak? Karena kotoran tergolong najis yang dilarang dikonsumsi manusia, apakah kopi luwak tetap halal atau menjadi haram. Majelis Ulama Indonesia (MUI) pernah mengeluarkan fatwa nomor 07 tahun 2010 tentang kopi luwak.

See also  Apakah Boleh Minum Obat Paracetamol Setelah Minum Susu?

Apakah kopi luwak White Koffie halal?

Berikut keterangannya: Produk Luwak White Koffie juga telah mendapatkan Sertifikat Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah yang berlaku hingga tanggal 14 Maret 2019.

Related Posts