Kenapa Memilih Kopi Robusta?

Berikut adalah beberapa keunggulan kopi robusta dibandingkan dengan jenis kopi lainnya: Tanaman kopi robusta relatif lebih tahan terhadap serangan hama dan penyakit, antara lain karat daun (HV). Kopi robusta bisa ditanam di dataran rendah, dengan produktivitas lebih baik dibandingkan dengan arabika.

See also  Apa Perbedaan Kopi Arabika Dan Robusta?

Mengapa memilih kopi robusta?

Robusta Lebih Pahit dan Punya Efek yang Lebih Kuat

Kopi Arabika memiliki rasa yang lebih lembut dan manis, sedangkan Robusta memiliki rasa yang cenderung kuat dan pahit. Hal ini bukan berarti Robusta nggak lebih oke. Rasa yang dimiliki Robusta nyatanya disukai banyak banget penikmat kopi yang lebih pahit.

Kopi robusta digunakan untuk apa?

Biji kopi robusta banyak digunakan sebagai bahan baku kopi siap saji (instant) dan pencampur kopi racikan (blend) untuk menambah kekuatan cita rasa kopi. Selain itu, biasa juga digunakan untuk membuat minuman kopi berbasis susu seperti capucino, cafe latte dan macchiato.

See also  Kopi Apa Yang Tidak Mengandung Gula?

Kenapa kopi robusta lebih pahit?

Rasa yang dimiliki Robusta nyatanya disukai banyak banget penikmat kopi yang lebih pahit. Terlebih lagi, rasa pahit itu sebenarnya juga menandakan kadar kafein pada Robusta yang tinggi, yaitu 1.5-3.3%, atau 2 kali lipat dari kandungan kafein Arabika.

Kenapa robusta lebih murah?

Rahasia ketahanan tanaman kopi Robusta juga terletak pada kandungan kafein dan asam klorogeniknya yang tinggi, yang berfungsi sebagai pestisida alami untuk melindungi diri dari serangan hama dan penyakit. Hal ini juga menjadi alasan utama mengapa dari sisi harga, Robusta jauh lebih murah dibandingkan Arabika.

See also  Berapa Ml Atau Yield Single Espresso?

Related Posts