Kenapa Paracetamol Ditambah Kafein?

Kafein saat ini sudah ditambahkan dalam beberapa analgesik, seperti paracetamol, ibuprofen, dan aspirin karena dapat meningkatkan efikasi dari analgesik.

Mengapa obat sakit kepala mengandung kafein?

Kafein membantu meredakan sakit kepala

See also  Siapa Yang Menemukan Kopi Pertama Kali?

Dilansir Insider, Selasa (11/8/2020), kafein memiliki sifat vasokonstriksi, yakni menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi aliran darah ke otak. Hasilnya, saat migrain dan mengonsumsi kafein akan membantu meredakan nyeri migrain.

Apa interaksi obat antara parasetamol dengan minuman yang mengandung kafein?

Kebiasaan mengkonsumsi sediaan yang mengandung kafein ternyata menimbulkan interaksi obat jika digunakan bersama parasetamol sehingga menyebabkan risiko kerusakan hati. Sementara itu juga telah dilaporkan pemberian overdosis parasetamol menyebabkan kerusakan ginjal dan jantung.

See also  Apa Perbedaan Macchiato Dan Latte?

Bolehkah minum parasetamol dengan kopi?

Menurut peneliti dari University of Washington, di Amerika Serikat, kopi pada dasarnya tidak boleh dicampurkan dengan paracetamol. Pasalnya, interaksi kafein dengan paracetamol dapat menimbulkan kerusakan organ hati alias liver.

Apa itu parasetamol dan kafein?

Parasetamol dan kafein merupakan kombinasi obat yang efektif digunakan sebagai terapi nyeri kepala tipe tegang. Dalam rangka menjamin khasiat dan mutu obat, pengawasan terhadap kandungan parasetamol dan kafein perlu dilakukan. Salah satu metode pengawasan mutu adalah KCKT.

See also  Apa Beda Kopi Americano Dan Espresso?

Related Posts